. Pelaku Teror Bom Buku Berinisial TQJ

16 Maret 2011

Pelaku Teror Bom Buku Berinisial TQJ

Jakarta, PB - Pengamat terorisme dari Universitas Indonesia (UI), Al Chaidar menilai pelaku ledakan di Utan Kayu diprakarsai oleh jaringan terorisme lama.

"Ini kelompok lama, kelompok Jemaah Islamiyah yang namanya sekarang Tanzim Qaidatul Jihad (TQJ)," ujar Al Chaidar.

Menurut Chaidar, motif pelaku pemboman ini adalah menebar teror terhadap islam liberal atau yang dianggap musuh masyarakat termasuk salah satunya pihak kepolisian.

"Jadi mereka sudah ada daftarnya (nama-nama yang akan menjadi target pengeboman) sejak 2002. Pada 2002 terdaftar 107 yang kemudian menyusut menjadi 70 yang dinilai sebagai musuh," ujarnya.

Chaidar juga menuturkan bom buku itu sudah direncanakan lama. Sebab bom buku ini biasa digunakan Indonesia bagian Timur. "Perakit bom berasal dari Indonesia Timur, karena bom mikro ini biasa digunakan di sana," pungkasnya.

Seperti diberitakan, sebuah bom meledak di kantor radio KBR68H yang lokasinya berdekatan dengan Komunitas Utan Kayu dan Jaringan Islam Liberal (JIL), Selasa (15/3/2011) petang.

Bom tersebut berbentuk paket buku yang ditujukan kepada aktivis JIL Ulil Abshar Abdalla. Bom meledak setelah sempat dijinakkan Kasat Reskrim Polres Jaktim Kompol Dodi Rahmawan dengan cara menyiramkan air.

Selain mengirim bom ke Komunitas Utan Kayu, pelaku juga mengirim paket bom ke kantor BNN ditujukan kepada Kepala BNN Komjen Pol Gories Mere dan ke kediaman Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto S Soerjosoemarno.(inc/red)
 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design