. Sejumlah Kepala Daerah Jadi TO KPK

03 Mei 2010

Sejumlah Kepala Daerah Jadi TO KPK

JAKARTA - Sejumlah kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah saat ini menjadi TO (target operasi) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gubernur setempat, Bibit Waluyo, mengatakan para kepala daerah di provinsinya diincar karena diduga terlibat tindak pidana korupsi.
“Mereka mengincar sejumlah kepala daerah di Jateng yang diduga korupsi, saya baru saja ketemu pejabat dari KPK itu,” kata Bibit Waluyo saat membuka Forum Pengendalian Pembangunan Kabupaten dan Kota Tahun 2010 di wilayah eks-Keresidenan Kedu, di Magelang, Senin.
Pada kesempatan itu ia tidak menyebut secara rinci jumlah dan nama bupati serta wali kota atau nama daerah yang sedang diincar oleh KPU tersebut. Jateng terdiri atas 35 kabupaten dan kota.
Ia juga tidak menyebut nama pejabat KPK yang belum lama ini bertemu dengan dirinya. Ia mengingatkan kepada para bupati dan wali kota untuk melaksanakan tugas dan pengabdian sesuai aturan hukum. “Jangan neka-neka (menyalahi aturan, red), tetapi selalu hati-hati dalam mengambil kebijakan,” katanya.
Ia juga menyatakan pentingnya bupati dan wali kota setempat melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan. Kewenangan yang mereka miliki, katanya, jangan digunakan sebagai kesempatan korupsi. “Kepala daerah jangan menyalahgunakan wewenang, apalagi sampai melakukan korupsi,” katanya.
Ia mengatakan gaji mereka sudah relatif besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sebagai pejabat sehingga tidak perlu korupsi. “Gaji mereka sudah cukup, tidak perlu mengambil yang bukan haknya meskipun hanya satu rupiah. Kalau itu memang hak, silakan ambil saja berapa pun,” katanya. (mn/red)
 
© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design